Yuk Simak Langkah Mudah Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula

 

Facebook saat ini sudah banyak digunakan dan dinilai sebagai salah satu marketplace yang menguntungkan. Banyaknya pengguna Facebook mulai dari remaja hingga orang dewasa tentu membuat pebisnis memiliki jangkauan pasar yang luas. Dengan pasar yang luas tentu membuat anda lebih mudah menemukan pembeli. Yuk simak Cara Jualan Online Di Facebook berikut ini.

Langkah Langkah Berjualan Di Facebook

  1. Membuat Akun Facebook

Untuk anda yang ingin berjualan di Facebook, tentu membuat akun terlebih dahulu menjadi salah satu tahapan awal yang harus dilakukan. Akun Facebook inilah yang menjadi awal bagi anda sebelum anda memasarkan produk anda. Setelah anda membuat akun Facebook barulah anda dapat membuat halaman Facebook tipe bisnis.

  1. Membuat Facebook Tipe Bisnis

Setelah anda memiliki akun Facebook, selanjutnya anda diharuskan untuk login terlebih dahulu. Anda dapat klik menu buat laman dan anda dapat mengisikan informasi terkait dengan nama, kategori, dan keterangan dari produk yang ingin anda jual, setelah itu anda klik menu buat laman. Setelah anda klik menu tersebut, anda diminta untuk melengkapi gambar profil dan sampul.

Kedua gambar ini harus anda isi. Ambillah gambar terbaik agar dapat menarik minat konsumen. Foto yang anda pasang akan sedikit banyak mempengaruhi persepsi pembeli terhadap produk yang anda jual. Hal inilah yang menjadikan foto profil dan sampul sangat penting untuk diperhatikan. Setelah itu anda dapat klik menu simpan.

  1. Lengkapi Foto dan Deskripsi Produk

Langkah selanjutnya dalam cara jualan online di Facebook adalah melengkapi foto dan deskripsi produk. Anda harus masuk terlebih dahulu ke halaman bisnis anda. Kemudian anda masuk ke menu edit profil. Disana anda dapat melengkapi setiap komponen akun bisni anda seperti foto profil atau logo, foto sampul atau banner, deskripsi, kontak WA dam username brand.

  1. Menambahkan Call to Action (CTA)

Call to Action yang dimaksud adalah toko online anda sendiri jika memang anda belum bergabung bersama dengan marketplace lain seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak. Cara menambahkan CTA, anda harus masuk terlebih dahulu ke akun bisnis anda. Selanjutnya anda bisa klik tombol tambahkan (+) yang ada di bawah foto profil.

Setelah anda mengklik nya, akan muncul pop up baru. Anda dapat memilih salah satu menu seperti beli gift card, pesan makanan (bisa Go food atau Grabfood), pesan sekarang (bisa ke halaman pemesanan toko online), telepon sekarang (bisa ke nomor WA), kirim email (Untuk ke email anda), pelajari selengkapnya (untuk ke penjelasan produk), dan masih banyak lagi.

Jika anda menggunakan CTA, maka pembeli akan lebih dimudahkan dengan fasilitas laman bisnis anda. Jika laman anda sangat informatf maka pembeli juga tentunya lebih senang jika berbelanja melalui laman bisnis anda. Jika anda sudah mengisikan CTA yang anda pilih, selanjutnya klik simpan.

  1. Posting Konten yang Relevan

Semakin menarik konten yang anda hadirkan, akan semakin banyak pula follower anda.  Banyaknya follower juga dapat membuat usaha anda akan semakin berkembang. Nantinya, jika follower anda sangat banyak, akan semakin banyak pula orang yang memperhatikan akun anda. Hal inilah yang menjadi salah satu tips sukses bisnis di aplikasi penjualan online.

Demikianlah langkah dan tips yang dapat anda gunakan jika anda ingin berjualan menggunakan Facebook. Pada intinya buatlah laman bisnis anda semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik untuk melihat halaman anda. Semakin banyaknya traffic laman bisnis maka akan semakin besar pula peluang anda untuk mengembangkan bisnis.