Skip to content

5 Hal Penting Sebelum Kirim Barang Pecah Belah Via Ekspedisi Surabaya Lombok

Segala aktivitas manusia saat ini sudah semakin mudah berkat zaman serba canggih seperti sekarang ini. Ini juga termasuk kegiatan kirim mengirim barang antar daerah bahkan lintas pulau. Dengan menggunakan ekspedisi Surabaya Lombok, anda pun bisa melakukan pengiriman barang pecah belah. Agar barang sampai di tujuan dalam kondisi bagus, perhatikan beberapa hal berikut.

Table of Contents

Tips Agar Paket Pecah Belah Aman

  1. Mengetahui Kriteria Barang Pecah Belah

Sebelum mengirim barang pecah belah, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu kriteria dari barang tersebut. Pasalnya kriteria masing masing barang pecah belah bisa berbeda antara satu sama lain. Dan mengetahui ini akan membantu anda untuk mempermudah proses packing yang tepat dan aman.

Apalagi saat ini yang termasuk sebagai barang pecah belah tidak hanya keramik saja. Teknologi yang mempunyai kaca atau aliran listrik seperti lemari es, smartphone, dan televisi juga dikategorikan sebagai barang pecah belah. Jadi anda bisa memasang stiker “fragile” di luar kemasan sebagai penanda bahwa paket tersebut termasuk barang pecah belah.

  1. Pakai Kardus Sesuai Ukuran

Untuk membungkus barang pecah belah, sebaiknya gunakan kardus yang memiliki ukuran pas dengan barang tersebut. Ini bertujuan untuk meminimalisir goncangan terhadap barang. Pasalnya kardus yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan isi, akan membuat ruang kosong berpotensi terhimpit benda lain dan robek.

  1. Menggunakan Bubble Wrap

Bubble wrap merupakan alat yang berfungsi untuk meredam benturan atau goncangan. Sehingga banyak yang memanfaatkan bubble wrap atau bubble pack ini untuk melindungi barang pecah belah, agar tidak mengalami kerusakan akibat terbentur. Bubble wrap sendiri bisa anda temukan dengan mudah di toko toko alat tulis terdekat.

Cara menggunakan bubble wrap pun tidak sulit, pertama masukkan barang ke dalam kardus yang sesuai ukuran lalu rekatkan menggunakan selotip dan lapisi dengan bubble wrap di semua sisi. Setelah itu, masukkan kembali barang ke dalam kardus lain yang sedikit lebih besar lalu rekatkan kembali menggunakan selotip.

Penting untuk diingat, jika anda tidak memiliki kardus dengan ukuran pas atau barang yang dikirim lebih dari satu unit. Maka sebaiknya gunakan bubble wrap terlebih dahulu sebelum memasukkan barang ke dalam kardus. Pastikan masing masing barang sudah dibungkus bubble wrap dengan baik, agar di dalam kotak tidak saling bertabrakan dan mengakibatkan kerusakan.

  1. Pengemasan Peti Kayu

Jika bubble wrap dan kardus masih dirasa kurang, lalu barang yang hendak anda kirim memang rawan rusak jika terbentuk. Maka memilih menggunakan pengemasan peti kayu adalah pilihan bijak. Meski penggunaan peti kayu ini akan sedikit menyulitkan penerima saat membuka kemasan, namun keamanan barang selama perjalanan akan terjamin dengan baik.

Selain itu ongkos kirim yang dipatok untuk pengemasan peti kayu mungkin sedikit jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan pengemasan biasa. Namun sekali lagi, yang perlu anda ingat adalah bagaimana keamanan produk. Percuma murah jika sampai di penerima dalam keadaan sudah rusak.

  1. Gunakan Styrofoam

Anda juga bisa memanfaat styrofoam untuk mengirim barang pecah belah melalui ekspedisi Surabaya Lombok. Sama seperti kardus, penggunaan styrofoam ini juga dianjurkan memilih ukuran yang pas. Karena semakin banyak ruang maka akan meningkatkan risiko barang anda terguncang lebih banyak di dalam styrofoam.

Selain beberapa hal di atas, penting juga untuk memilih pihak jasa ekspedisi yang tepat. Karena mengirim barang dilakukan secara estafet. Meski anda sudah membungkus dengan baik dari rumah, namun ekspedisi yang abal abal belum tentu bisa mengantar barang dengan selamat. Lain halnya dengan ekspedisi profesional yang mampu menawarkan pengemasan terbaik.