5 Cara Menanam Kaktus Dengan Mudah Dari Dalam Rumah

Belakangan tanaman kaktus menjadi begitu digandrungi oleh pecinta tanaman hias. jenisnya yang beragam dengan perawatan yang mudah menjadikannya kondang. Sebagai tanaman hias, kaktus cocok ditanam dari dalam rumah karena intensitas penyiramannya  tidak sesering tanaman lain. Cari tahu cara menanam kaktus dengan simak penjelasan berikut.

Cara Menanam Tanaman Kaktus Dari Rumah

 

  1. Menyiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Beberapa peralatan yang harus disiapkan antara lain kerikil, penjepit, sendok teh, media tanam, dan sarung tangan. Alat-alat tersebut digunakan untuk memindahkan kaktus ke pot atau wadah. Untuk media tanam, sebaiknya pilih tanah yang kering. Sebab jika kaktus ditanam pada tanah yang basah, maka kaktus lebih rentan terkena hama.

Pilihlah pot yang tepat untuk tanaman kaktus. Sesuaikan dengan ukuran tanaman agar tidak terlalu kecil atau besar. Biasanya pot memiliki ukuran dua kali lipat dari besarnya kaktus. Penggunaan pot berukuran lebih besar akan memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan kaktus. Pastikan juga pot memiliki lubang drainase sebagai tempat keluarnya air.

 

  1. Memasukkan Kerikil dan Media Tanam

Sebelum memasukkan tanah, letakkan kerikil terlebih dahulu dengan menggunakan sendok teh ke dalam dasar pot. Fungsi kerikil yaitu menahan tanah agar tidak keluar dari lubang drainase. Jumlah kerikil yang dimasukkan tidak perlu memenuhi sampai permukaan pot. Cukup isi sepertiga dari tinggi pot. Sebab kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal.

Sebenarnya tidak harus menggunakan kerikil untuk menahan tanah. Anda bisa menggunakan tisu untuk mencegah tanah keluar dari lubang drainase. Namun menggunakan kerikil dapat membuat tanaman kaktus lebih indah. Kemudian, taburkan tanah di atas kerikil. Tidak usah dimasukkan sampai memenuhi permukaan pot karena tanaman kaktus belum dimasukkan.

 

  1. Memasukkan Tanaman Kaktus Ke Dalam Pot

Buatlah lubang berukuran diameter tanaman kaktus yang akan ditanam pada tanah dalam pot. Untuk menjaga kaktus agar tetap hangat, bisa menutup menggunakan botol plastik bening atau wadah yang seukuran, selama penanaman berlangsung.

Lalu letakkan kaktus pada lubang yang sudah dibuat di tengah pot. Isi ruang yang masih kosong dengan media tanam yang tersisa dan tekan secara pelan sampai kaktus bisa berdiri tegak. Jangan menekan media tanam terlalu padat karena kaktus membutuhkan ruang untuk bernapas.

 

  1. Menyiram Kaktus

Memang kaktus tidak perlu membutuhkan air sebanyak tanaman hias lainnya, sehingga tidak perlu terlalu sering menyiram kaktus. Cukup siram kaktus saat media tanamnya sudah mulai mengering. Pastikan proses penyiraman kaktus dilakukan secara menyeluruh. Hindari melakukan penyiraman yang berlebihan sebab dapat membuat kaktus membusuk.

 

  1. Melakukan Perawatan dan Pemeliharaan

Menyiram saja tidak cukup, perlu melakukan perawatan tanaman lainnya seperti menjaga suhu dan kelembaban kaktus agar kaktus dapat tumbuh dengan baik. Sehingga faktor pencahayaan juga harus diperhatikan. Cahaya yang kuat akan berperan penting dalam pertumbuhan dan kesehatan kaktus. Sesekali jemur kaktus di bawah sinar matahari secara langsung.

Cara menanam kaktus yang terakhir dengan memberi nutrisi berupa pupuk. Untuk kaktus gurun, tambahkan pupuk kaktus, sedangkan kaktus hutan tetap tumbuh dengan baik dan indah walau hanya diberi pupuk standar. Untuk mendapatkan pupuk yang berkualitas, dapatkan melalui produk nasa agar tanaman kaktus anda tumbuh dengan baik.

Nah itulah langkah-langkah menanam kaktus yang dapat dilakukan secara mudah dari dalam rumah. Tertarik untuk mempercantik rumah dengan menyimpan tanaman kaktus di hunian anda? Jika iya, silahkan mencoba budidaya tanaman hias kaktus dengan cara mudah seperti di atas.